Belum Juga Mendapat Pekerjaan Ini Tipsnya

Udah sering masukin lamaran kerja tapi belum juga dapet panggilan untuk interview?coba cek tips-tips di bawah ini.

1. Cobalah review letak permasalahan Anda dalam proses rekrutmen:

a. Apabila masalahnya adalah Anda tidak pernah atau jarang dipanggil untuk wawancara, maka kemungkinan masalahnya terletak pada surat lamaran atau CV (Curriculum Vitae) Anda. Coba cek kembali, apakah ada yang salah pada surat lamaran Anda. Periksalah apakah surat lamaran yang Anda kirim sudah rapi, termasuk apakah tata bahasa serta ejaan sudah benar. Apabila terlalu banyak kesalahan, tentu hal itu akan menunjukkan ketidaktelitian yang bisa dibaca sebagai ketidakseriusan Anda dalam melamar. Carilah sumber-sumber referensi (termasuk di situs ini) tentang surat lamaran yang baik.

b. Apabila Anda sering gagal dalam wawancara, mungkin sebaiknya Anda mempersiapkan diri sebaik mungkin setiap akan datang memenuhi panggilan wawancara. Berlatihlah menjawab pertanyaan-pertanyaan sebaik mungkin. Biasanya perusahaan menanyakan hal-hal yang menjadi kekuatan dan kelemahan Anda. Bersikaplah positif dan tunjukkan bahwa perusahaan membutuhkan orang seperti Anda. Karena itu sebelum datang wawancara carilah sebanyak mungkin informasi mengenai perusahaan sehingga Anda tahu orang seperti apa yang mereka cari. Di situs ini juga banyak informasi yang dapat membantu Anda dalam mempersiapkan wawancara.

c. Apakah Anda gagal dalam psikotes? Maka mungkin berarti memang Anda tidak cocok dengan pekerjaan tersebut. Bila gagal dalam pemeriksaan medis, berarti secara medis memang Anda tidak memenuhi syarat. Tidak ada gunanya memanipulasi psikotes, tampillah apa adanya agar Anda menemukan pekerjaan yang benar-benar cocok dengan kepribadian Anda. Dalam situs ini pun sudah lengkap tips-tips untuk menghadapi psikotes.

2. Setelah sudah cukup usaha Anda, Anda sudah cukup gencar, surat lamaran, CV dll sudah cukup baik, tetapi Anda belum juga mendapatkan pekerjaan yang Anda cari, ini adalah hal-hal yang sebaiknya menjadi fokus Anda selain tetap gencar mencari pekerjaan hingga dapat:

a. Isilah waktu Anda dengan kegiatan yang berarti. Anda harus terus belajar dan berkembang, hal ini penting untuk menjaga sikap positif dan kepercayaan diri Anda ketika akan menghadapi wawancara.

b. Tetap berada pada jaringan relasi yang berhubungan dengan pekerjaan Anda agar tidak ketinggalan informasi. Situs-situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter dapat mempermudah Anda dalam melakukan hal ini.

c. Menulis blog tentang industri yang ingin Anda masuki. Menulis blog adalah cara yang sangat baik untuk tetap mengikuti perkembangan dan menunjukkan diri Anda. Perluas penyebaran ide-ide Anda dengan rajin mengikuti situs-situs jejaring social seperti Facebook dan Twitter.

Semoga Anda segera mendapatkan pekerjaan impian Anda.



Leave a Reply