Mau Pindah Kerja Tapi Ragu? Coba Baca Alasan Orang Pindah Kerja

Dari sekian banyak alasan, inilah 6 besar alasan utama yang paling sering diungkapkan, mengapa masih ingin pindah kerja meski sudah menduduki jabatan cukup tinggi dan menerima gaji relatif besar di perusahaan tempat mereka bekerja saat ini.

     1.Ingin berkantor dengan jarak yang lebih dekat

Kita cukup sering mendengar alasan ini, karena mungkin sebuah kebetulan juga bila rumah karyawan dan kantornya masih termasuk dalam satu wilayah, atau setidaknya berjarak jauh lebih dekat dibandingkan jarak rumah kandidat dengan kantor mereka saat ini.

  1. Ingin mencari suasana baru

Meski sedikit meragukan, tapi alasan ini cukup masuk akal, karena kondisi di perusahaan tempat mereka bekerja saat ini bisa jadi sudah tidak kondusif lagi untuk perkembangan karir mereka. Office politics yang makin meruncing sering dijadikan sebagai salah satu alasan mengapa orang ingin mencari suasana baru dan berkeinginan pindah kerja ke perusahaan lain.

  1. Ingin mencari tantangan baru

Alasan ini sangat bisa dimengerti. Melihat kecenderungan para kandidat yang senang mencari tantangan baru adalah kandidat yang dinamis dan memiliki banyak ide-ide segar, yang mungkin tidak bisa secara optimal tereksploitasi dengan leluasa di perusahaan tempat mereka bekerja saat ini.

  1. Ingin menapaki jenjang karir yang lebih baik

Alasan ini sangat sering terdengar, terutama bila menawarkan posisi yang lebih tinggi di perusahaan klien pada seorang kandidat. Katakanlah saya menawarkan posisi level manajer pada seorang senior officer yang sudah berpengalaman bertahun-tahun di posisi yang sama, rasanya wajar sekali mendengar alasan ini sebagai motivasi mereka untuk pindah kerja.

  1. Ingin mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi

Tidak bisa dipungkiri, meski jarang terlontar secara eksplisit, tapi inilah alasan utama mengapa orang ingin (atau minimal tertarik) untuk pindah kerja ke tempat lain. Meski mereka memiliki 4 alasan yang telah disebutkan sebelumnya, tapi bila satu hal ini tidak sesuai dengan ekspektasi, biasanya yang sering terjadi kandidat akan berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk memasuki tahapan rekrutmen selanjutnya.

  1. Ingin status pegawai tetap

Ada satu lagi alasan cukup penting yang terlupakan. Banyak juga kandidat dengan status kontrak ingin pindah kerja ke perusahaan lain yang menawarkan status permanen, meski mungkin total take home pay yang ditawarkan tidak sebesar yang diterima ketika bekerja sebagai pegawai kontrak.

Cukup masuk akal, karena dengan status pegawai permanen, at least dari segi job security dan stabilitas karir memang lebih menjanjikan dibandingkan bekerja sebagai pegawai kontrak yang terpaksa harus ‘kasak-kusuk’ mencari lowongan kerja setiap kali masa kontraknya mendekati akhir.

Kadang pindah kerja ke tempat baru belum tentu selalu memberikan solusi bagi masalah yang anda temui di tempat kerja saat ini. Tapi bila anda yakin bahwa pindah kerja ke tempat baru merupakan alternatif solusi satu-satunya, so be it!

Buat  CV kamu di MEDIAKARIR jika kamu ingin cepat pindah bekerja. “Cukup buat CV tidak perlu apply”



Tinggalkan Balasan